Awas Jet Lag !!

Posted: July 9, 2008 in Nambah Ilmu Yuk

Beberapa waktu yang lalu, ketika membaca sebuah artikel. Ada sebuah catatan menarik yang kutemui. Ada cerita tentang JETLAG. Bagi yang tidak mengetahui artinyaa. Jetlag adalah sebuah keadaan di mana jam biologis tubuh kita (bukan tubuh tetangga anda atau siapapun melainkan tubuh kita sendiri). Berusaha untuk menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar. Jetlag dapat mengganggu jika setiba disuatu tempat, daerah, ataupun negara lainnya kita harus segera bekerja sementara tubuh kita menginginkan istirahat ataupun tidur. Atau juga anda harus segera tidur akan tetapi tubuh kita masih terasa segar dan tidak dapat tidur sama sekali.

Biasanya jetlag hanya terjadi ketika kita melakukan perjalanan menuju Timur. (contoh: dari eropa ke asia) dan perbedaan waktu diantara kedua tempat lebih dari 4jam. Jetlag terjadi karena tubuh kehilangan waktu 4jam itu. Namun jetlag juga jarang terjadi ketika kita melakukan perjalanan menuju ke Barat. Ini dikarenakan tubuh mengalami pengulangan waktu. Pergi di pagi hari, dan ketika tiba di tujuan hari sudah malam dan anda sudah harus tidur. Karena tubuh kita harus mempercepat proses tidur inilah Jetlag terjadi. Padahal tubuh kita jauh lebih bisa menunda tidur daripada harus mempercepat atau memaksa untuk tidur.

Tips untuk mengatasi JETLAG adalah :
1.Pastikan jam berapa anda akan tiba di tujuan anda. Jika anda tiba di pagi hari, maka pastikan tubuh anda tidur 8jam sebelum anda tiba. Dengan begini, tubuh anda sudah beristirahat cukup dan akan siap menjalani pagi seperti penduduk lokal. Jika anda tiba pada malam hari, maka pastikan agar dalam 8jam sebelum tiba di tujuan anda tidak tidur. Ini untuk menyiasati agar ketika tiba di tujuan, tubuh anda siap untuk tidur, seperti layaknya penduduk lokal negara tujuan anda.
2.Penggunaan obat tidur untuk memastikan anda melakukan point 1. Jangan takut tertidur dan melewati kota tujuan anda karena anda pasti akan dibangunkan oleh pramugari sebab pesawat tidaklah sama dengan bus patas.

Itu saja berita tentang jetlag. Mungkin hanya sebuah permasalahan kecil. Tapi semoga saja dapat membantu menambah pengetahuan kita-kita disaat harus melakukan perjalanan keluar negri. Jadi kita ngerti dalam menyesuaikan keadaan (mrgreen) .

Advertisements
Comments
  1. ulan says:

    wahh… dapet pelajaran baru..

  2. emfajar says:

    blom pernah ngerasain jetlag abis lom pernah pergi2 jauh2 k luar negeri… 😦

    *ngayal mode=ON

  3. Sir Arthur Moerz says:

    naek kapal aja belom pernah ini..
    aduh2..

  4. ratutebu says:

    waahhh.. iya.. pelajaran baru niiii..

  5. geiztia says:

    thx infonya mas..
    pasti sangat berarti bagi aku..
    *halah kayak aku mau pergi jauh aja *

  6. arifrahmanlubis says:

    lancar ta bro?

    apa kabar nih? πŸ™‚

  7. babi_gaul says:

    Kagak ngerti gue Ral………

  8. realylife says:

    pernah ngalamin , dan ngga mau ngalamin lagi , ngga enak dah pokoknya

  9. setan cupu says:

    wewh perjalanan kebarat…
    jadi inget sun go kong dalam mencari kitab suci
    *kabuurrr*

  10. Nin says:

    Tips bagus..
    Terima kasih…

  11. fenny says:

    saya sih biasanya jetlag kalo ke kampus. badan rasanya masi pengen bubu, tp uda kudu ngampus hiks… *jetlag bukan?* wkekewkewekwewk

  12. theloebizz says:

    sy barusan jetlag nih….
    kelamaan tidur eh mo browsing malah pusing..

    itu jetlag bukan yah?? ahahahahaha πŸ™‚

  13. lindaleenk says:

    pernah ngerasain..pening yang ada 😦

  14. Yuli says:

    wahhhhh ternyata ini toh yang di sebut jet lag πŸ˜€

Komentarya donkk...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s